Beberapa Tips Agar Kamu Tidak Berkecil Hati Ketika Lingkaran Pertemananmu Mulai Mengecil

Beberapa Tips Agar Kamu Tidak Berkecil Hati Ketika Lingkaran Pertemananmu Mulai Mengecil

Beberapa Tips Agar Kamu Tidak Berkecil Hati Ketika Lingkaran Pertemananmu Mulai Mengecil

Tidak bisa di pungkiri bahwa sering bertambahnya umur, maka circle pertemanan seseorang akan semakin mengecil. Hal tersebut tentunya harus kamu antisipasi agar nantinya kamu tidak kaget jika banyak teman-temanmu yang berbondong-bondong menjauh. Apakah saat ini kamu berada di kondisi mulai kehilangan teman-teman yang dulunya sangat akrab?

Jangan terlalu memandang negatif hal tersebut karena semua itu merupakan hal yang wajar terjadi. Di lansir dari laman dvouval.com, jika saat ini kamu merasakan hal tersebut, ada beberapa langkah yang bisa di lakukan agar dapat bersikap lebih bijaksana dalam menghadapi kondisi itu. Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Jadilah orang yang fleksibel dalam kondisi tongkrongan apa pun

Di kutip dari laman IDN Poker Indonesia, ketika circle pertemanan kamu mulai menyempit, cobalah untuk menjadi orang yang lebih fleksibel terhadap siapa pun yang ada di lingkunganmu. Hal tersebut wajib di lakukan agar kamu mudah mendapatkan kenalan-kenalan baru yang nantinya bisa kamu jadikan teman. Cobalah untuk bisa menyesuaikan apa pun pembahasan yang ada karena syarat utama supaya kamu bisa akrab dengan orang lain, kamu harus melebur dalam topik obrolan.

2. Pertahankan hubungan baik dengan teman-teman yang saat ini menemanimu

Keitka hal buruk itu terjadi, sebisa mungkin cobalah untuk mempertahankan orang-orang yang saat ini setia di sampingmu. Cobalah untuk meningkatkan kualitas pertemanan dengan senantiasa bersikap suportif ketika dia membutuhkanmu.

Hal tersebut wajib di lakukan agar teman-temanmu tidak hilang lagi. Lagipula semakin kecil lingkaran pertemanan, maka kamu mudah membangun hubungan baik karena orangnya sedikit. Jangan pernah bertengkar dengannya agar kehidupan sosialmu tidak terganggu.

3. Jadilah seseorang yang bermanfaat bagi orang lain

Ketika teman-teman dekatmu mulai menjauh, coba deh untuk melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya dengan bersikap lebih peduli terhadap orang-orang yang membutuhkan bantuan. Meskipun temanmu berkurang, namun kamu gak boleh menghilangkan esensi hakikat manusia sebagai makhluk sosial.

Kebiasaan tolong menolong tetap wajib di lakukan karena hal tersebut merupakan tanggung jawabmu sebagai manusia seutuhnya. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk tetap berusaha membantu siapapun meskipun kamu tidak mengenali orang tersebut.

4. Jangan malah menyendiri ketika banyak teman yang lambat laun pergi

Saat circle pertemanan mulai menyempit, satu hal yang gak boleh di lakukan adalah memilih untuk menyendiri. Hal tersebut tentunya akan membuat duniamu menjadi semakin sempit sehingga semuanya menjadi suram. Jika teman-teman lama mulai menjauh, tetaplah menjadi seseorang yang ceria. Hal itu karena banyak orang yang bisa menjadi temanmu, kok!

5. Jangan pernah membenci mereka yang mulai menjauhimu

Kamu pantang membenci orang-orang yang menjauhimu karena hal tersebut tidak ada gunanya. Hal itu karena mereka memang memiliki hak untuk memilih siapa yang akan menjadi temannya. Jika membenci mereka, percayalah bahwa yang ada di dalam hatimu hanyalah rasa dendam.

Biarkan mereka menikmati kehidupannya yang baru sebab kamu juga berhak melakukan hal serupa. Daripada waktumu di habiskan untuk memendam rasa benci, coba deh tingaktkan kualitas diri agar kamu bisa menjadi orang yang lebih baik.

Merasa sakit hati ketika di tinggal teman-teman lama, sih boleh-boleh saja namun jangan berlebihan. Coba sikapi keadaan tersebut dengan kedewasaan agar tidak ada rasa dendam di dalam dirimu.