Australia Berikan Bantuan Sebanyak 1.000 Ventilator Kepada Indonesia

Australia Berikan Bantuan Sebanyak 1.000 Ventilator Kepada Indonesia

Australia Berikan Bantuan Sebanyak 1.000 Ventilator Kepada Indonesia

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menerima pemberian 1.000 ventilator berasal dari Australia. Bantuan 1.000 ventilator itu tiba di Indonesia pada Jumat malam.

“Dukungan ini adalah wujud kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Indonesia dan Australia sebagai negara sahabat dan mitra strategis komprehensif,” tulis situs resmi Kemenlu.

Di lansir dari laman dvouval.com, selain ventilator, Australia termasuk mengirimkan pemberian 2,5 juta dosis vaksin, oxygen concentrator, tabung oksigen, test kit antigen, dan alat-alat kesegaran lainnya, secara bertahap.

Di kutip dari laman idnpoker download, menurut Kemenlu, sejumlah negara termasuk sudah mengimbuhkan bantuannya kepada Indonesia di jaman pandemik COVID-19 negara-negara itu yaitu Singapura, Amerika Serikat, Belanda, Jepang, Inggris, UAE, India, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

1. Singapura kirim bantuan alat kesehatan ke Indonesia

Sebelumnya, pemerintah Singapura mengirimkan pertolongan alat kebugaran untuk Indonesia hari ini, Jumat (9/7/2021). Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen, menyebutkan pertolongan yang di kirim termasuk ventilator, tabung oksigen, masker, serta sarung tangan bedah, penutup kepala dan jubah medis.

“C-130 Angkatan Udara Republik Singapura lepas landas dari Pangkalan Udara Paya Lebar untuk mengirimkan bantuan medis guna membantu TNI dan Indonesia menghadapi pandemi COVID-19,” tulisnya di akun Facebooknya.

Dia menambahkan, Tank Kapal Pendarat Angkatan Laut Republik Singapura juga akan segera berlayar untuk mengirimkan tabung oksigen terkompresi ke Indonesia.

“Hati dan doa kami bersama dengan mereka saat mereka menghadapi gelombang infeksi baru ini,” ujarnya.

2. Bantuan di serahkan langsung oleh Menlu Singapura

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, secara langsung menyerahkan perbekalan dan peralatan medis COVID-19 kepada Duta Besar RI Suryo Pratomo di Landasan Udara Paya Lebar. Dia di dampingi rekan-rekan berasal dari Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF).

“Sebagai tetangga dan mitra dekat, kami berdiri dalam solidaritas dengan Indonesia dalam perang melawan COVID-19,” ujarnya di kutip dari akun Facebooknya.

Dia termasuk menjelaskan telah melaksanakan obrolan bersama dengan Menlu Retno Marsudi awal pekan ini mengenai peningkatan persoalan COVID-19 di Indonesia.

“Saya tegaskan dukungan Singapura untuk upaya Indonesia mengatasi pandemi. Semoga bantuan ini dapat menambah semangat mereka yang berada di garda terdepan di Indonesia,” terang Vivian.

3. Indonesia membeli oksigen konsentrator dari Singapura

Selain itu, Kemenlu menjelaskan Indonesia terhitung melakukan pengadaan secara berdiri sendiri (pembelian) berasal dari Singapura. Berwujud 10 ribu unit oksigen konsentrator, di mana sebagian kecil yakni 30 unit udah tiba bersama bersama perlindungan Pemerintah Singapura.

“Pada hari ini juga, akan tiba dukungan kerja sama dari Australia berupa 1.000 ventilator,” begitu pernyataan Kemenlu.

Selain negara-negara tersebut, pertolongan kerja serupa telah di tawarkan oleh sejumlah negara kepada Indonesia. Seperti Amerika Serikat (AS), Belanda, Australia, Jepang, Inggris, Singapura, UAE, India, RRT dan entitas internasional lainnya. Dukungan kerja serupa yang di tawarkan antara lain berbentuk vaksin, obat-obatan maupun alat kebugaran lainnya.